Tentang Kami > INFO KENZI > Etika Berbelanja di Online Shop
 
 
 
 

Etika Berbelanja di Online Shop

 

Siapa bilang belanja online ga perlu etika ?

 

Untuk berbelanja online ada etika yang tidak tertulis dan semua orang harus tau.

Etika ini harus di lakukan oleh kita sebagai pembeli, nanti nya sebagai penjual juga akan saya tulis di blog saya ini. So tetap sering2 berkunjung ya 

 

Contoh kasus :

Si Ani membeli baju di toko online , misal di shopznsxxxx321zz.com( contoh saja ya ), setelah deal ada kesepakatan harga , akhirnya si ani pun melakukan transfer kemudian melakukan konfirmasi ke toko online tersebut. Oleh toko online tersebut akhirnya barang telah dikirim dan bukti resi telah di berikan dan bisa di cek secara online.

Karena barang sampai biasanya 2-3 hari, ternyata ini ga sampai sudah 5 hari. Si ani marah2 ke toko online tersebut, ini gimana sih barang saya knp ga sampe2 , anda nipu ya , kok lama amat ngomel2 ke toko online tersebut. Padahal lama atau tidaknya itu tergantung si expedisi.

–> itu adalah kasus sepele, dimana kita tidak mengedepankan etika dalam belanja online, dalam hal ini yg merasa terintimidasi adalah pemilik toko online, sudah cari duit dengan jujur masih di omelin dan di anggap menipu lho. Kasihan amat kan 

Apa saja sih etika yang harus kita junjung selama berbelanja online ( sebagai pembeli ) :

 

1. Pengiriman

Bila penyedia sudah memberikan nomor resi, dan anda bisa melakukan cek langsung online ( kalo pengiriman tersebut menyediakan ) , artinya pengiriman sudah tidak berhubungan dengan penjual lho. Jadi kalo bertanya dan marah2 knp barang saya ga sampe2 , dan anda mencaci maki si penjual itu salah besar. Yang harus anda omelin sebenernya bukan toko onlinenya, krn pemilik toko online sudah melaksanakan kewajibannya untuk mengirim barang. So setelah resi di terima dan di berikan kontak expedisi pengirimannya, artinya selanjutnya anda menghubungi expedisi pengiriman ya.

 

2. Barang Hilang di pengiriman

Ini juga banyak terjadi barang yang kita pesan melalui online bisa juga hilang selama proses pengiriman. Apakah ini salah si pemilik toko online ? Jawabannya adalah TIDAK.

Anda sudah terima resi bukan ?

Bisa di cek di expedisi kan ?

Mohon di ingat bahwa bila barang hilang di expedisi : pengirim paket hanya di berikan ganti rugi 10x biaya pengiriman ( aturan umum ).

Anehnya yg sering kita lakukan adalah komplain ke si penjual, kita minta ganti rugi dengan barang yang sama.

Note :

Bila barang hilang , si penjual ( pemilik toko online ) hanya di ganti 10x biaya pengiriman lho … sedangkan anda meminta barang yg sama yg nilainya sangat jauh dari biaya pergantian kehilangan yang hanya 10x + minta di kirim lagi.

Bila anda meminta ganti rugi barang yang sama dan marah2 ke si penjual, itu salah besar kawan  , kehilangan adalah tanggungan expedisi (pengiriman) bila hilang pun uang pergantian 10x itu itu yang harus anda klaim. Tidak perlu marah2, krn itu musibah.

Coba posisinya di balik, kalo anda yg menjadi penjual , bagaimana perasaan anda ?

 

3. Etika Order

Ketika kita sudah berniat melakukan order, pastikan bahwa setelah di penjual memberikan total biaya + pengiriman yang harus di bayar anda harus melakukan pembayaran pada hari itu juga. Jangan menunda-nunda pembayaran. Krn produk yang di jual online stok nya bisa habis sewaktu2. Ini yang sering terjadi, setelah pesan, sudah di totalkan, 3 hari kemudian baru membayar. Ternyata oh ternyata barang sudah tidak ada dan anda marah2 sudah pesan, sudah booked knp di kasi orang ?

So tidak salah si penjual ya, barang in/out begitu cepat dalam bisnis online

 

4. Etika Konfirmasi

Jangan pernah melakukan order/ transfer tanpa konfirmasi, setiap anda melakukan pembayaran , segera lgs konfirmasikan ke penjual, supaya barang tidak di berikan orang lain.

 

5. Etika menghubungi

Biasakan melakukan komunikasi telpon hanya pada jam kerja 08.00 WIB – 17.00 WI, krn penjual online juga manusia yang membutuhkan relax dan istirahat, makan dan minum bukan  Jangan pernah menelepon di atas jam kerja tersebut, bila mmg harus menghubungi, lewat sms/Blackberry Messenger saja, namun tetap harus bisa memaklumi bila reply nya telat.

 

6. Etika Comment di Wall Facebook Penjual

Hal ini sekarang sedang trend jualan di facebook. Penjual biasanya akan memasang foto produk di wall. Etika yg harus di lakukan adalah :

- Jangan comment bila cuma iseng2 saja

- Jangan menjatuhkan mutu produk secara tidak langsung, misal ;

*mahal amat sis

*aku dapat di sana lbh murah lho

- Jangan comment di Status produk lain yang tidak berhubungan, misal :

Statusnya : jualan produk Sepatu , tiba2 anda comment :

*sis/bro : bedak yg kapan hari sudah dikirim —> tidak berhubungan dengan produk

 

7. Etika Blackberry Group

Jangan pernah mengambil ( invite ) member dari group lain. Hal ini sering dilakukan dengan cara bergabung ke group jualan sebagai pembeli, kemudian pembeli meng-invite member group lain. Sama aja itu merampas member orang lain. Anda juga tidak mau diperlakukan seperti itu bukan, so don’t do it.

 

SUMBER : JAAPNS

 
 
 
 
Jual Kw1-Kws-OS-FM-Tester-Original
2